SEHAT DAN BUGAR DI USIA EMAS: Ragam Olahraga di Usia 50-an



Deskripsi Buku

Umur rata-rata orang Indonesia sekitar 60 tahun serasa singkat, sekaligus menjadi sinyal akan fakta bahwa usia sekitar 50-an merupakan titik usia kritis. Penulis berpikir, belajar, dan melakukan penelitian pribadi untuk mengajak para pembaca memahami fitness untuk usia 50-an sebagai salah satu cara untuk memperbaiki keadaan. Bukan melawan kodrat, namun justru untuk memperbaiki kodrat.

Buku ini membahas tentang latihan fisik yang ringan dan mudah dilakukan pada awalnya yang berfungsi untuk memperbaiki peredaran darah, pernapasan, jantung, penyebaran nutrisi, dan fungsi organ lain; dengan tampaknya gejala tubuh terasa sehat dan bugar, otot kencang dan kekar, serta memudarnya kerutan-kerutan pada kulit.

Gejala susulan yang akan muncul adalah perbaikan fungsi otak yang merangsang meningkatnya kebutuhan berpikir dan membaca. Selanjutnya dibahas tentang fitness otak serta artikel-artikel pengetahuan realistis untuk memilah dan memilih cara berpikir dan bertindak yang tepat dan unggul.

Pembahasan fitness secara menyeluruh membuat buku ini menjadi pedoman latihan gerak dan berpikir yang tepat guna mencapai kesehatan tubuh secara menyeluruh, baik jasmani maupun rohani/jiwa (pikiran). Buku ini tidak hanya untuk pembaca usia 50-an, namun penting bagi pembaca berusia muda yang yakin akan mencapai usia 50 tahun

Tentang pengarang (2021)
Samekto Budi Pramono yang meyakini bahwa IQ dapat dinaikkan, dilahirkan di Purworejo pada tanggal 20 Mei 1970. Kemudian dibesarkan dan menjalani pendidikan hingga lulus SMA di Kabupaten Temanggung. Sempat mencicipi pendidikan di Jurusan Teknik Sipil FNGT UNDIP Semarang dan berhenti sebelum genap setahun karena biaya. Pendidikan terakhirnya adalah Sarjana Pendidikan Fisika di IKIP Negeri Semarang. Selama lima belas tahun mengajar fisika, matematika, olahraga dan seni di beberapa SMA, mendapatkan sertifikat Guru Profesional Bidang Studi Fisika tanggal 31 Maret 2008. Pada tahun 2011, ketika berpikir bahwa karier guru sudah “mentok,” penulis memutuskan untuk mengundurkan diri dari sekolah formal untuk memulai kegiatan baru sebagai penulis. Saat ini bapak dari Pramatika Bhara Chrisdyota dan suami dari Dyah Mardalena Agustijowati ini tinggal di Lembah Bogowonto Purworejo. Selain menulis, menjadi pembimbing tim Olimpiade Fisika di beberapa sekolah negeri dan swasta, motivator siswa, dan mengajar tambahan pelajaran fisika secara privat maupun klasikal untuk siswa SMP, SMA, hingga mahasiswa di Kabupaten Purworejo dan Kabupaten Magelang masih tetap ditekuninya.

Informasi bibliografi

QR code for SEHAT DAN BUGAR DI USIA EMAS
Judul SEHAT DAN BUGAR DI USIA EMAS: Ragam Olahraga di Usia 50-an
Pengarang Samekto Budi Pramono
Penerbit Penerbit Andi, 2021
ISBN 6236822182, 9786236822180
Tebal 190 halaman


Share this article :

Posting Komentar

 
Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!