Seni & Daya Hidup dalam Perspektif Quantum



Deskripsi Buku

Ia belajar Seni di STSRI “Asri” Yogyakarta (1977 – 1982); melanjutkan studi di Rhode Island School of Design, Rhode Island, USA (1986-1988), memeroleh gelar MFA; melanjutkan studi doktoral di University of Wollongong, Australia, 1998, dari mana ia mendapat gelar PhD, dengan disertasi “Surrealist Painting in Yogyakarta” yang dapat diunduh dari ro.uow.edu.au/theses/ 1757.
Buku ini merupakan edisi terbaru dari buku sebelumnya dengan judul yang sama. Bahasan buku mengenai fenomena dualitas yang senantiasa hadir dalam seni. Dimulai dari pembayangan bahwa hakekat seni itu adalah tubuh inti dan ruhnya. Tubuh inti (partikel) dan ruh (gelombang) itu berbeda, namun selalu ada bersama-sama, saling bertukar tempat, peran, dan fungsi. Mereka seperti dua sisi kepingan uang logam, saling melengkapi. Isi buku lebih padat, dengan pembenahan minor, dan karya seni yang ditampilkan sedikit berbeda.

Edisi sekarang ini masih mengupas seni, karya seni, dan aktivitas seni yang selalu berdimensi material/immaterial, atau virtual/aktual. Tugas orang kreatif itu hanyalah mengubah yang virtual (ide) menjadi aktual, atau sebaliknya. Jadi, hakekat berkesenian itu adalah transubstantiate ide yang tadinya kecil/samar-samar/intangible menjadi karya yang menarik, berdampak, dan menginspirasi perubahan.

Tentang pengarang (2019)

Martinus Dwi Marianto adalah penulis dan praktisi seni, yang mengajar di Institut Seni Indonesia Yogyakarta, sebagai dosen tetap. Mengajar juga Kritik Seni dan Metode Penelitian Seni di beberapa perguruan tinggi lain yang menawarkan subjek Seni, diantaranya: UGM, dan ISI Surakarta. Ia aktif membuat sketsa on the spot sebagai kegiatan olah seni, sekaligus sebagai praktik latihan mengoordinasi pikiran, hati, rasa, dan otot-otot halus melalui kerja men-sketsa.

Pengarang kelahiran Jakarta, 19 Oktober 1956, ini telah menghasilkan beberapa buku, diantaranya: Seni Cetak Cukil Kayu (1989); Tato (2000); Lim Keng, Surabayan Sketcher (2000); Seni Kritik Seni (2002); Quantum Seni (2006); Art & Levitation (2015)) yang kemudian direvisi menjadi buku ART & LIFE FORCE in a Quantum Perspective (2017).

Informasi bibliografi

QR code for Seni & Daya Hidup dalam Perspektif Quantum
Judul Seni & Daya Hidup dalam Perspektif Quantum
Pengarang Martinus Dwi Marianto
Penerbit Dwi - Quantum, 2019
ISBN 6025945209, 9786025945205
Tebal 314 halaman


Share this article :

Posting Komentar

 
Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!