Pengembangan Model WICDIE dalam pembelajaran Paduan Suara



Deskripsi Buku

Pendidikan diperguruan tinggi dalam konteks ilmu pengetahuan, menjadikan mahasiswa bertahan dalam kehidupan melalui kreativitas, inovasi dan kerjasama yang diciptakannya untuk tetap dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Orientasi akademik dalam kependidikan tidak hanya terpaku pada rutinitas proses pembelajaran yang selama ini mereka lakukan, namun menginovasi pendidikan harus diwujudkan untuk memperoleh tujuan pendidikan yang diharapkan.

Tatanan kehidupan diperguruan tinggi secara formal yang paling dominan adalah pembelajaran. pembelajaran praktek belum secara serius dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip yang sahih untuk memberikan peluang kepada mahasiswa belajar cerdas, kritis, kreatif dan inovatif, sehingga peningkatan kualitas dan proses pembelajaran perlu secara kreatif mengembangkan konsep-konsep pendidikan baru yang lebih komprehensif, maka model pembelajaran yang dirancang dan dilaksanakan merupakan kegiatan yang memiliki kompetensi secara utuh yang mencakup aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan. Sehubungan dengan kenyataan itu, maka penelitian dan pengembangan (R & D) memfokuskan pada upaya mendapatkan alternatif pola struktur kegiatan pembelajaran praktek berorrientasi produksi pada Paduan Suara.

Tentang pengarang (2022)
Dr. Eben Haezarni Telaumbanua, M.Pd lahir di Gunungsitoli pada tanggal 04 Juli 1975 dari pasangan Bowosochi Telaumbanua, BA dan Ros Asli Harefa (+). Penulis merupakan anak pertama dari tujuh bersaudara. Suami Oktoberius Zebua, Ns. S.Kep, M.Kep. Anak tiga orang Wilson Alexander Ebensaro Zebua, Grace Christine Putri Tarni Zebua dan Alvin Amadews Ebensaro Zebua. Pendidikan Dasar Penulis tempuh di SD Negeri No. 074039 Tandrawana Gunungsitoli, tamat tahun 1988, SMP Negeri 3 Gunungsitoli, tamat tahun 1991 dan SMA Negeri 1 Gunungsitoli, tamat tahun 1994. Tahun 1994 Penulis lulus di Fakultas Bahasa dan Seni IKIP Negeri Medan Jurusan Sendratasik program seni musik. Tahun 1999 Penulis menamatkan pendidikan jenjang S-1. Pada tahun 2002 lulus penerimaan PNS sebagai tenaga pengajar (dosen) dilingkungan Kementerian Agama dan ditempatkan di Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan (STAKP) Negeri Tarutung Tapanuli Utara.Tahun 2008 penulis mengikuti program Pascasarjana di Universitas Negeri Medan di Program studi S2 Teknologi Pendidikan dan tamat tahun 2010. Tahun 2017 penulis mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa program doktor (S3) Teknologi Pendidikan di Pascasarjana Universitas Negeri Medan. 

Pengalaman kerja ketua jurusan Pendidikan Musik Gereja STAKPN Tarutung 2012-2016, pengalaman di bidang seni sebagai juri perlombaan paduan suara tingkat kabupaten & Propinsi Sumatera Utara, Dirigen paduan suara Bali international Choir 2016, dirigen PESPARAWI tahun 2016 dan pelatih paduan suara hingga saat ini.

Jurnal yang ditulis 3 tahun terakhir 1) Inter-Cultural Communication skills in Creating Harmony in Social Lifer (ISFLATEL I 2018), 2) Development of vocal Technic in Choir (ICESHE 2019), 3) Developing The Choir Learning Model for Teaching College Student (Scopus Q3 2021).

Informasi bibliografi

QR code for Pengembangan Model WICDIE dalam pembelajaran Paduan Suara
Judul Pengembangan Model WICDIE dalam pembelajaran Paduan Suara
Pengarang Dr. Eben Haezarni Telaumbanua, M.Pd
Editor Hendrik Legi
Penerbit Publica Indonesia Utama, 2022
ISBN 6235257066, 9786235257068
Tebal 230 halaman


Share this article :

Posting Komentar

 
Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!